ABOUT - ALBUM - POEMS - WRITING - TESTS - JOURNAL - WEBSITE - CONTACT  
 


Test Kepribadian 02 (MBTI)
Oleh: Myers - Briggs
Disadur dari buku: Psikologi Jung (Ladislaus Naisaban)


Carl Gustav Jung menjabarkan tentang kepribadian manusia yang introvert dan extravert, kemudian Katharine Cook Briggs dan anak perempuannya yang bernama Isabel Briggs Myers mengembangkan teori Jung ini dan dinamakan MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). Tes ini tidak mengukur intelegensi, motivasi, kedewasaan, atau kesehatan mental seseorang. Akan tetapi, membagi manusia menjadi 16 tipe kepribadian yang berbeda, sesuai dengan 4 dimensi yang telah ditentukan. MBTI terdiri dari:

  1. Terbuka (Extraverted) atau Tertutup (Introverted)
  2. Pengindera (Sensing) atau Intuitif (Intuition)
  3. Pemikir (Thinking) atau Perasa(Feeling)
  4. Penilai (Judging) atau Pengamat (Perceiving)

Secara lahiriah, setiap orang memunyai kecenderungan untuk bersifat extrovert atau introvert, sensing atau intuitive, thinking atau feeling serta perceiving atau judging. Extrovert berorientasi pada sifat lahiriah seseorang, sedangkan introvert berasal dari dalam yang menyangkut ide dan perasaan. Sifat sensing condong merinci seluk beluk suatu hal. Sementara intuitive membahas suatu hal secara garis besar. Seorang pemikir biasanya memutuskan hal-hal dengan logis dan objektif, seorang perasa memutuskan suatu hal dengan subjektif. Tipe perceiving cenderung untuk bertindak fleksibel dan mencari informasi yang lebih banyak, sedangkan tipe judging menginginkan sesuatu berjalan berdasarkan pertimbangan.

Anda memiliki tipe kepribadian yang manakah? Isilah pertanyaan dibawah ini, kemudian kita lihat hasilnya... :)

  1. Saya..
    Menjawab sesuatu pertanyaan dengan cepat dan kadang-kadang tanpa berpikir panjang
    Lebih suka berpikir banyak sebelum menjawab atau menyampaikan pendapat

  2. Dalam perjuangan hidup, saya..
    Penuh percaya diri dalam mencoba sesuatu
    Lebih dahulu perlu memahami secara mendalam sesuatu sebelum dicoba

  3. Saya..
    Ingin menemukan apa yang orang lain harapkan dari saya
    Ingin melakukan segala sesuatu dengan cara saya sendiri

  4. Saya..
    Menemukan kekuatan penuh ketika berada ditengah orang banyak seperti ketika berada ditengah pesta
    Menjadi tidak tenang ketika berada ditengah orang banyak dan rasanya ingin menjauh dan menyendiri

  5. Saya..
    Senang dengan banyak variasi dan aktif dalam banyak kegiatan
    Senang dengan tempat yang tenang dimana saya dapat berefleksi tanpa diganggu

  6. Dalam melakukan sesuatu pekerjaan, saya..
    Senang memperhatikan sampai hal-hal detail dan membiarkan semuanya seperti adanya
    Cenderung mengabaikan bagian detail dan lebih cenderung untuk mencari arti yang tersembunyi

  7. Saya..
    Senang memeriksa, mengontrol dan berusaha menemukan banyak informasi sejauh saya bisa
    Menjadi kurang sabar dengan hal-hal rutin, pengulangan-pengulangan dan semua hal yang lamban dalam kegiatan

  8. Saya..
    Menerima dan menikmati segala sesuatu sebagaimana adanya, merekam peristiwa-peristiwa masa lalu dan belajar dari kombinasi kedua hal diatas dalam suatu rasa kebersamaan
    Menduga segala sesuatu tentang pengetahuan

  9. Saya lebih tepat sebagai
    Orang yang realistis dan praktis
    Orang yang penuh imajinasi dan berdaya cipta

  10. Saya..
    Jarang mengandalkan inspirasi untuk maju
    Memiliki energi banyak dengan beberapa keluwesan diantaranya

  11. Saya..
    Lebih membutuhkan peraturan yang adil untuk apa yang sedang saya kerjakan
    Dihormati adalah nilai hidup yang penting dalam hidup saya

  12. Saya..
    Berusaha menganalisa secara logis fakta-fakta dalam membuat suatu keputusan
    Berpikir tentang apa yang terbaik bagi semua orang dalam hubungan dengan suatu keputusan

  13. Saya..
    Menerima dengan sukarela dan jujur kritik sebagai suatu yang alamiah
    Berusaha menghindari pertentangan dan merasa sangat tidak tenang ketika menerima kritikan

  14. Saya..
    Mengenal orang banyak yang sangat halus dan emosional
    Terluka oleh orang yang cenderung mengalisis atau membuat pernyataan dingin ketika saya membutuhkan pemahaman dan pengertian

  15. Saya..
    Sering mengalami kesulitan dalam mengekspresikan emosi-emosi
    Gampang mengekspresikan perasaan saya dan gampang pula mengerti perasaan orang lain

  16. Saya..
    Cenderung dikendalikan oleh peristiwa-peristiwa hidup saya dan menerima semua peristiwa dalam hidup saya sebagaimana mestinya
    Perlu memahami peristiwa-peristiwa dalam hidup saya dan karena itu saya membutuhkan banyak waktu sebelum membuat keputusan

  17. Saya..
    Gampang berubah pikiran
    Lamban memutuskan sesuatu dan lamban pula mengubah pikiran

  18. Saya..
    Membutuhkan jadwal dan peraturan yang tetap dalam melakukan segala sesuatu
    Cenderung lebih bebas dalam melakukan sesuatu

  19. Saya..
    Menyusun waktu dan prioritas dengan rapi sebelum memulai dan menyelesaikan pekerjaan
    Suka menunda-nunda pekerjaan

  20. Saya..
    Lebih senang dengan teman-teman yang turut berpartisipasi dalam cita-cita dan norma-norma saya
    Memilih teman-teman yang memiliki minat yang sama dan dengan mereka saya gampang membagikan pengalaman-pengalaman hidup saya


05 Agustus 2007


Reviews:
**** [Sep 01, 2013] by Ruby
Hmm, kalau mengerjakannya jujur menurut dirinya sendiri pasti akan cocok. Btw,emang bener hasilnya sesuai dengan saya.

***** [Aug 31, 2013] by Desy Rahma
Hasilnya sesuai.

***** [Aug 23, 2013] by Ari
Sya mengucapkan terimakasih banyak atas kuiznya karna sesuai dgn kepribadian saya...

***** [Aug 23, 2013] by Rafif Manurung
Nyata kali hasilnya.

***** [Aug 19, 2013] by Fajar
Apa tes ini sama dengan tes kesehatan jiwa tertulis atau tes IQ?

**** [Aug 16, 2013] by Vee Yan Buitenzorg
Mau diulang berkali-kali di berbagai test pun tetap aja hasilnya ENTJ sesuai dengan karakter alamiah saya KOLERIS. Hehehe.

*** [Aug 10, 2013] by Christine
Ada satu yang gak pas. Aniway thanks...

***** [Aug 07, 2013] by Titto
Test karyawan tetap harus lulus psikotest... Saya petugas gudang tipe apa yg cocok yah?

***** [Aug 02, 2013] by M. Ihksan
Mantep bgt... Joz...

***** [Jul 19, 2013] by Sumanto
Aspek penilaian bagus tidaknya kepribadian gmna pak????

***** [Jul 06, 2013] by Didik Pratikno
Trims pak.

**** [Jun 09, 2013] by Rofina
Semua aspek itu ada pada saya. Tapi saya perlu kejelasan brp persentil tiap aspekx, biar say bisa mengukur rendah atau tinggi aspek tersebut/ aspek yg dominan/ lemah. Terima kasih sebelumnya.

***** [May 25, 2013] by Amir Mahmud
Ok banget.

***** [May 03, 2013] by Afolo Zebua
Excellent. Cuma cara analisanya bagaimana kok bisa saya excellent?

***** [May 02, 2013] by Wiwing Enjellyaa
Gimana caranya meningkatkan kepercayaan diri sendiri?

***** [May 01, 2013] by Mita Apriani
Terimah kasih jawabannya..

***** [Apr 15, 2013] by ConchaLize
Saya sangat puas dengan hasil tesnya, karena semua itu sangat sesuai dengan kepribadian yang saya miliki... Tapi saya memiliki kendala dalam satu kepribadian saya yaitu tertutup. Bagaimana cara untuk dapat merubah hal tersebut menjadi kepribadian yang terbuka, karena dengan kepribadian yang tertutup terkadang saya jadi lebih sulit bersosialisasi dan membaur dengan yang lain dan sering menimbulkan cap "anti sosial" pada saya. Bisakah anda membantu? Terimakasih sebelumnya...

***** [Apr 15, 2013] by Mulyadi
Terimah kasih,,,

**** [Apr 15, 2013] by Khaerul
Yes or no.

* [Apr 08, 2013] by Anggun
Jawabannya tidak sesuai.

***** [Jan 23, 2013] by Hevi
Saya paling takut test ini karna kenyataannya kepribadian saya byk jeleknya sprti saya byk brfikir, lamban mngambil kputusan, SAYA Perasa, saya suka brkelompok dan tidak suka mengambil kputusn kelompok,saya cemas dg penilaian org. Kdg saya brfkir saat psikotest, klo saya jujur matilah saya mana mau perusahaan menerima saya, tolong dunk kak minta pencerahannya, ni membuat saya bnr2 frustasi.

***** [Jan 12, 2013] by Milky
Wew.. kok bsa bner smua yha o.O

***** [Jan 06, 2013] by Tia
Pakk, mau tanya nie,, dari mana ya dasarnya tes ini kog bisa membedakan introvert dan ekstrovert dari mana ya,, trimakasih.

**** [Jan 01, 2013] by Saepul
Trima kasih jawabannya.

***** [Dec 24, 2012] by Aris Sulistyo
Apa bner hasilnya excellent?? Pdhal aq sring dikritik banyak orang.

***** [Dec 20, 2012] by Siti Nurjenah
Bisa Minta Kisi2 physotest.

***** [Dec 05, 2012] by Akhdiyat
Yang no 20nya tidak bsa dipilih mas.

***** [Dec 05, 2012] by Tika
Saya kadang bingung dengan kepribadian saya. Sering berubah-ubah sesuai moD. Maka kadang saya sering kehilangan orang yang sayang kepada saya. Bagaimana yah cara mengatasinya?? Trim's.

***** [Nop 12, 2012] by Zaitul Lasmi
Pas bget dg karakter saya.

***** [Nop 01, 2012] by Eni Isniar
Siiiiippppppp.......!!!!!!!!!

***** [Sep 19, 2012] by Masnita
Jawaban tes kepribadian saya.

**** [Sep 19, 2012] by Rina
Saya ingin menanyakan, bagaimana anda menganalisanya?? Klao boleh saya dikirimi tes ini beserta bagaimana cara menganalisanya. makasish tak tunggu lhoe ya.

**** [Sep 14, 2012] by Vina
Benar banget dan sesuai, tp apakah itu bisa di rubah?

***** [Sep 13, 2012] by Helmahria
Terima kasih, Kak... Aku jadi tahu kepribadian yang lebih cenderung keluar dari diriku.

***** [Aug 31, 2012] by By Dhinna
Thanks maz,,,,,,, Bisa wad intrpksi dri,,, Chipz,,,,,

***** [Aug 31, 2012] by Nisa
Benar sekali pak.. Trus gimana cara untuk memperbaikinya atau merubahnya?????????

**** [Aug 23, 2012] by Gasti
Mas.. Tolong jabarkan dok hasilnya.. Dan klo perlu sama jalan keluarnya.

**** [Aug 08, 2012] by Ahman
Bagus test nya... Buat referensi skripsi nih.. Hehe.

***** [Aug 05, 2012] by Zen
Anda memiliki tipe:
Tertutup (Introverted)
Pengindera (Sensing)
Perasa (Feeling)
Pengamat (Perceiving)

***** [Jul 26, 2012] by Dita Putri
Ass.. Sblumnya mksh ya mas tes nya. Jujur analisanya sama kayak kpribadian aku. Tapi aku merasa aku itu orangnya tertutup dan orang orang juga bilang aku tertutup karena aku cuek. Tapi terkadang aku juga suka sharing dengan orang orang tertentu. Apa mungkin aku yang kurang peka terhadap karakter dan kebiasaan aku sendiri. Jadi jelasnya gimana yaa..??

***** [Jul 26, 2012] by Annelies
Pas Banget...hehe.

**** [Jun 28, 2012] by Friska
Bagus... Dibuat lagi donk Test nya...!!!

***** [Jun 05, 2012] by Mustafiza
Good.. good..

*** [Jun 01, 2012] by Nadya
Assalam Pak... Jujur, saya mengisi prtanyaan t saya bngung hrus memilih yang mana karna sampai skarang saya masih bngung taw krang tau dengn kprbadian dan sifat saya. So gmn cara tau sifat lebih dalam t Pak??? Maksh pak,,,

**** [May 26, 2012] by Diyan Adi Pramana
Thankz sbelomnya mas... Q mnkn percaya dan q ingn tau dalam menilai sesuatu yg berbeda..

***** [May 20, 2012] by Albert
Keren abs mas :)

***** [May 05, 2012] by Fina
Thanks buat testnya, hal ini dapat dijadikan sebagai modus buat penilaian tersendiri.

***** [May 03, 2012] by Tika
Ms,,, gmn crax tntang scor dlm tes kepribadian?? Mohon bntuanx,,

***** [Mar 15, 2012] by Wahyu
Tolong bantuannya saya afak bingung dengan perbadi saya,... Saya ingin mengenal diri saya lebih dalam,...

**** [Mar 03, 2012] by Yeny
Bagaimna cara menghitung skor'y..

**** [Peb 27, 2012] by Arinda
Terimakasi artikel anda sangat bagus, saya merasa senang dengan hasil yang ada, tapi saya rasa itu salah, karena anda tidak menunjukan sipat anda di sini, huuuu.......... ami2.

***** [Peb 22, 2012] by Arimbi
Saya sangat terbantu sekali, terimakasih pak... Bagaimana cara mengelola semua itu agar menjadi suatu potensi yg positif dlm aktualisasi diri saya?

**** [Peb 11, 2012] by Alya
Makasih pak, uda mau berbagi analisa. Good job sir...

*** [Jan 15, 2012] by Commentator
Hmmm.. Untuk bpa yamin setiawan:
Saya rasa ckup bgus article'y. Tp sya juga lhat sdkit kpribadian anda. Mnrut sya anda tuh orng'y pilih" yah? Bahkan cenderung racisme. Knpa sya bilng bgtu? Alsan'y coba lihat dari skian banyak comment di thread anda. Yg anda jwab commennt'y cuma sdkit. Kita lihat lbih nama" yg anda jawab comment'y. Anda cenderung jwab comment" dari cewe" yah. Betul ga sdr.yamin? Tp ga usah d ambil hati ucapan" saya ini, (kalo memang anda tidak merasa mempunyai sikap yg seperti itu). Ckup skian mungkin yah kritikan dari saya. Ucpan dari saya "perbaikilah di mulai dari diri Qta sndri".

***** [Jan 05, 2012] by Romi Romdani
Terima kasih banyak atas... Sukses selalu.

***** [Dec 30, 2011] by Ajun Irawan
Thanks Pak.. atas form tesnya, untuk dapat memperbaiki diri. Tapi kalo boleh tanya kepribadian yang bagaimana yang sesuai bila pekerjaan kita dilapangan yang melibatkan banyak orang... Matur nuwun.

***** [Dec 26, 2011] by Avies
Saya trima klw saya mmng sprti itu... Saya jg akan termotivasi dgn hasil analisis saya... You must Go on....

**** [Dec 21, 2011] by Be_doel
Makasih..., jadi smakin mengenali diri sendiri skarang..,

**** [Dec 21, 2011] by Gratia
Cocoklah.

***** [Dec 18, 2011] by Welin
PAAAAS BANGEEET.

***** [Nop 04, 2011] by Suci Ananda
Cocok banget dahk :)

***** [Nop 09, 2011] by Zee
Hasil tes'y bener'' Sesuai dengan kepribadian saya... Thanks..

***** [Nop 01, 2011] by Flant
Haha, cocok banget! Arigatou gozaimasu :D

***** [Oct 11, 2011] by Putri
Makasih banget ya...

***** [Oct 08, 2011] by Ade Rahma
Great!!!! I like it..

**** [Oct 04, 2011] by Bintang
Cocok sekali dgn kpribadian saya... Mantap!!!!!!!

***** [Sep 29, 2011] by Jhun Shama
Gud...

**** [Aug 25, 2011] by Qiha
Assalamu'alaikum wr.wb. Makasih banyak lho.. :) Bikin test model lain dong.. Hehehe.

***** [Aug 23, 2011] by Rochmad
Good.. Thank informasinya Pak..

***** [Aug 15, 2011] by Ka
Yaa.. bagooozz.

**** [Jul 31, 2011] by Ka
Pertanyaan dari "Memed Madya S" Sy jg kurang paham dgn cara penilaian tes ini. Sy bbrp waktu lalu gagal dlm tes ini. Knp ya ? Sy sudah jujur dlm memilihnya.

Kalau menurut saya anda gagal dalam tes ini karena hasil yg anda peroleh tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan, sebagai contoh, misalnya perusahaan tersebut mencari karyawan yang memiliki tipe extrovet dan penilai, tetapi dalam tes ternyata anda memiliki tipe introvert dan pengamat, mungkin oleh karena itu anda gagal dalam tes, karena tidak sesuai dengan kriteria yang diinginkan perusahaan...

Penjelasaan diatas ala kadarnya, jika ada kesalahan saya mohon maaf, jika ada tambahan, silahkan, terima kasih.

***** [Jul 10, 2011] by Ramdhani
Pak, dari pernyataan bpk "Orang-orang yang mengalami hal-hal yang luar biasa, misalnya stres dan depresi dapat mengubah kepribadian mereka." Lalu bagaimana langkah2 utk mengembalikan kepribadian ke keadaan semula atau minimal memperbaikinya??

***** [Jul 10, 2011] by Ramdhani
Pak, untuk tes kepribadian di bidang perbankan, migas, tambang maupun PNS.. masing2 bidang membutuhkan kepribadian yg bagaimana yah? Terima kasih.

***** [Jun 25, 2011] by Icha
Wah cocok, tes diberapa x jg tetep jg hasilnya sama ya ga berubah ternyata..

***** [Jun 21, 2011] by Nisa
Cocok pak, makasih.

***** [Jun 17, 2011] by Anggita Intan
Maybe really, and how to change it.

***** [Jun 15, 2011] by Mami Suryana Hanif
Ternyata hasilnya co2k dgn diri saya...

**** [Jun 14, 2011] by Budi
Gimana ya kepribadian saya?

**** [Jun 12, 2011] by Sudarsono
Cukup membantu... mengenali diri sendiri to know your self kata aristotels... kalau tidak salah sih...

**** [Jun 03, 2011] by Rini
Pas semua kok mas hasilnya ama kepribadianku, soalnya beberapa kali tes dengan tes yg berbeda2, hasilnya pas... Ato mungkin aku-nya yang konsisten ya... Hehehe.

**** [Jun 01, 2011] by Rosyied
Sangat akurat... semoga bisa bermanfaat buat yang lain...

***** [May 19, 2011] by Susatyo
Contoh soal ya.

***** [May 19, 2011] by Andi Rio Fatwa Dewanda
Kenapa banyak yang membenci saya???

***** [May 13, 2011] by Ophi
Bagus tesnya ,,, tapi saya msh blm paham maksud analisanya ?

***** [May 11, 2011] by Ezy
Hahaha I'm really introvert.

**** [May 07, 2011] by Marta
Tapi kok penjelasannya gitu doang..

***** [Apr 23, 2011] by Dewi
Ini ngetest apa interview se? Perasaan dari tadi ditnyain trus.. kyak lagi wwancara aja. Dari dulu q test, tapi g kyk gne testny..

***** [Apr 19, 2011] by Angripa
Thanks buat test yang bapak buat. Boleh tidak saya tau bagaimana bapak menentukan tipe seseorang tersebut? Tolong bantuannya.

***** [Apr 11, 2011] by Mper
Saya mau tanya.. pertanyaan2 diatas jika disusun dalam bentuk tree akan seperti apa hasilnya? Trimz..^.^.. Saya ingin tau cara penilaiannya agar saya bisa menyusun diagram pohonnya..

***** [Mar 13, 2011] by Asep
Thanks.

***** [Mar 13, 2011] by Satriya
Mas Yamin,... saya sepakat ketika dikatakan manusia memiliki kepribadian yg istimewa,.. pada dasarnya manusia adalah baik, namun terkadang atas pertimbangan tertentu dengan kondisi tertentu, cenderung manusia keluar dari yg seharusnya (Menjadi baik). Realita yg ada d lapangan, orang hanya bergaul dgn orang yg sederajatnya, sangat sulit untuk tidak berada dlm strata sosial yg sama,..terkecuali ada maksud dan tujuan tesendiri,..

***** [Mar 09, 2011] by Erizon Syafril
Cocok deh...

***** [Mar 01, 2011] by Liza
Apa benar aku seperti itu...????

**** [Peb 07, 2011] by Ardicka Juang
Ya... tapi aku type keras kepala gmana donk.

***** [Jan 28, 2011] by Amelia
Waaaaaah!

***** [Jan 28, 2011] by Mardahlina
Saya cocok untuk profesi apa ya.. kira cocok ga dg profesi saya sekarang.

***** [Jan 27, 2011] by Radianto
Saya sering memikirkan masa depan....?

***** [Jan 21, 2011] by Roma
Cocok amt.

***** [Jan 06, 2011] by Susilani
Knpa saya sering skit kepala ketika saya mnghadapi suatu msalah...

***** [Dec 24, 2010] by Memed Madya S
Sy jg kurang paham dgn cara penilaian tes ini. Sy bbrp waktu lalu gagal dlm tes ini. Knp ya ? Sy sudah jujur dlm memilihnya.

***** [Dec 22, 2010] by Ila Nurfadilla
Karakter saya dilihat dr nama.

***** [Dec 22, 2010] by Ismaul Haq
Thank's bagus banget... Aq jd tahu gimana kepribadianku.

***** [Dec 20, 2010] by Haris
Gmn cra liat hasilnya?

***** [Dec 14, 2010] by Yohanes
Waw keren nih,, tapi asli gk ini teh.. Wah gw pengamat neh... sama terbuka.. wkwkwkkw.

**** [Dec 14, 2010] by Herman Syahputra Barus
Mas Di Perbayak n di perluas lG sOAL2'Y.

**** [Dec 11, 2010] by Rasman Kendari
Sy suka dengan tes kepribadian ini,.. tpi ngomomng ini tes menggunakan skala apa yah?

***** [Nop 25, 2010] by Janri
Saya selalu gagal setiap mengikuti ujian test kepribadian tsb, padahal saya sudah jawab dgn jujur tapi tetap saja gagal? Bagaimana sistem penilaian yang dinginkan untuk jawaban tersebut? Terimaksih. Janri.

***** [Oct 31, 2010] by Dita
Wah, cucok ni mas. Saya coba pake tes lain dgn pertanyaan beda hasilnya sama. Yakin valid deh.

***** [Oct 29, 2010] by Rotua Julianovia
Sangat bagus sekali..., Namun ada yg ingin sy tanyakan, bagaimana sistem penghitungannya, shg kt th, kepribadian seseorang tersebut...??? tolong info balik yach...

***** [Oct 06, 2010] by Norma
Bagaimana hasil tes kepribadian saya.

***** [Oct 01, 2010] by Silvia
Ap hasil tes kepribadian saya.

***** [Sep 13, 2010] by Gaol
Good.

**** [Aug 31, 2010] by Suhendar
Jadi tau deh, akhirnya sy memiliki 4 kepribadian., dan sy akan n'co"kan kepribadian dgn kegiatan dan karir.. Thx alot mas...

***** [Aug 28, 2010] by Savitri Suryandari
Bisa minta alamatnya pak?

***** [Aug 16, 2010] by Kaka
Hahaha.... kepribadian orang itu mudah berubah, demikian juga dengan emosi seseorang. Pada alat tast mungkin hanya tepat utk memberikan gambaran situasi emosional Anda saat ini, tetapi tdk berlaku utk selamanya dalam seumur hidup Anda. emosi setiap org selalu berubah setiap saat dan itu juga akan mempengaruhi tindakan setiap orang dalam melakukan segala sesuatunya (walau pun orang tersebut adalah tipe pemikir, memiliki emosi stabil/sangat realistis sekalipun pasti terpengaruh juga oleh emosi yg ada di dalam dirinya pada saat tertentu). INGAT! alat test kpribadian hanya menunjukan hasil yg sementara dan hasil tersebut dapat berubah-ubah sesuai dgn perjalanan hidup Anda.

Terima Kasih kpd orang-orang yg telah dan selalu memajukan/mengembangkan pengetahuan ilmu psikologi di dunia ini.

ttd

H I

***** [Aug 12, 2010] by Afanz
5 kasih.

***** [Aug 12, 2010] by Tony Hendiyanto
Saya suka dengan test ini.

**** [Aug 05, 2010] by Awan
Bagus mas aku bisa tau menghadapi type orang2 yang aq kenal terutama pada atasan aku terus maju pantang mundur.

***** [Jul 23, 2010] by Bertom
Halo.. Pak Yamin Setiawan yang terhormat, salam kenal dari saya bertom (U:35 thn; pekerjaan:PNS dinas kesehatan; Pddkn:S1 kesehatn masyarakat(minat Administrasi Kebijakan Kesehatan)). Senang sekali boleh menemukan situs yang bagus dan berharga ini. terus terang Pak, saya mengalami masalah dalam kepribadian saya khususnya dalam menentukan minat dan bakat saya untuk berkarir, lebih khusus lagi untuk menentukan pilihan/minat/jurusan dalam melanjutkan study saya. sebelumnya sy D3 Kesehatan lingkungan, kemudian melanjutkan S1 kesmas(Minat AKK), sekarang saya ingin melanjutkan S2, tetapi bingung dalam menentukan pilihan/minat. saya diberikan tanggungjwb ol. pimpinan sebagai penyuluh kesehatan masyarakat, padahal sy kurang PD, jg memiliki kekurangan pendengaran telingah sebelah kiri sejak 5 thn lalu. saya sangat depresi dalam menjalankan kehidupan ini apalagi pimpinan sy seorang yg otoriter & menuntut standar kerja/hasil yang tinggi. minat studi S2: Hukum kes, Administrasi kebijakan Kes, Epidemiologi kes, Promosi kes, kes. lingkungan, kes. industri, jaminan kes. masy, ekonomi/pembiayaan kes. dimanakah kira2 minat yang pas buat saya yah Pak? mohon maaf jika pertanyaan saya ini membebani Bapak. Atas kesediaan dan budi baik bapak saya ucapkan terima kasih.

***** [Jul 22, 2010] by Kiki
Bener kayakny mas jawaban hasi analisanya.. :) Tertutup, perasa, penilai, intuitif. Maksih ya.

***** [Jul 14, 2010] by Charles
Mas.. adik saya selalu gagal dalam tes kepribadian untuk CPNS... Kenapa sih?

***** [Jun 19, 2010] by Doniekris
Mantaaaaaaaaaaaaaaf bro.

**** [Jun 08, 2010] by Reni
Benar sekali,, tapi apa tu jelek sifat q yg seperti itu?

**** [Jun 03, 2010] by Silmy
Seruuuu meski senang dgn psikologi tp ga pernah berani menguji diri.. sekarang jadi mulai tahu akan diriku sendiri.. :) BRAVOO!

**** [Jun 03, 2010] by Alhaq
Bisa tolong jelaskan kelemahan dan kekuatan masing2 item! Trims.

***** [May 20, 2010] by Asep Hidayat
Thanks.

***** [Apr 29, 2010] by Dian
Aq pengen tau kepribadian dia yang sesungguhnya. Gmn donk.

**** [Apr 22, 2010] by Septina
Good,,,,,bisa lah buat koreksi diri!!!

*** [Apr 18, 2010] by Surya
Gmana prlbadi saya sebenarnya.

***** [Apr 13, 2010] by Whitney
It's fits for me.. :D

**** [Apr 08, 2010] by Rizki
Mmm... mungkin ada benernya juga...! Tapi, bagus kok!

***** [Apr 07, 2010] by Sella Jasmine
Wwaahhhhh kerenn.. Thx.

***** [Mar 24, 2010] by Susilawati
Bagaimana meyakinkan dia... Kalau hubungan tidak di liahat dari umur... Dan knpa gk bwt ngejalanin'ny.

**** [Mar 19, 2010] by Jaytanti
Thankyou, boleh minta uraian penjelasannya sekalian? Nanggung soalnya.

**** [Mar 01, 2010] by Septian
Bagus saya suka.

***** [Peb 08, 2010] by Amila
Thanks buat angketnya... excellent :) Kalau hasilnya keempat dimensi itu ada jadi gmana dong?

***** [Peb 04, 2010] by Betty
Hasil dr test kepribadian.

*** [Jan 26, 2010] by Riri
Moga sesuai deh..

***** [Jan 19, 2010] by Vecky
Good.

*** [Jan 14, 2010] by Yudi
Pengindra ... artinya apa yah ... ???

**** [Dec 14, 2009] by Ajipamungkas
Bisa diterima, cukup familiar dengan penilaian saya sendiri.

***** [Nop 29, 2009] by Rheza
Mas, boleh tau certainty faktor di tiap ciri2 kepribadiannya gag? Klo boleh tau juga programnya mas! ^^ Thanks..

***** [Nop 19, 2009] by Helmi Tumengkol
Tolong di e-mail mengenai test epps, buat bahan di kampus, thx.

**** [Nop 03, 2009] by Rain
Thanks a lot, saya lg nyari test ini buat bahan bikin laporan. Ini testnya bener kok.. Jung theory :) Silahkan dicoba buat yg lain, klo kurang ngerti coba tanya ke teman2 yg kuliah di psikologi buat ksh penjelasan lebih detail :)

***** [Oct 20, 2009] by Emiyatun
Thanks untuk uji kepribadiannya. Gimana sih analisa tentang aku.

**** [Oct 12, 2009] by F.Ria
Siiiiiiiiiiippppppppppppppp bangettttttt...... Eeemmmm.. ada yang lain lagi..?

**** [Sep 21, 2009] by Ila
Terima kasih tuk ilmunya, semoga slalu mendapat kebaikan dlm hidup. Amin...

***** [Mar 30, 2009] by Qie
Thx... Tapi aku masih bingung ma diri aq.

**** [Peb 27, 2009] by Diana
Bagus zuga.

*** [Peb 18, 2009] by Wina
Setelah mencoba test ini saya agak kecewa dg hasil analisa yang sangat minim penjelasan.. Harapan saya ada penjelasan mendasar di hasil analisa mengenai 16 kepribadian yg merupakan kepribadian visitor.. Paling tidak itu dapat memenuhi keingintahuan visitor dengan minat serius.. Semoga menjadi saran yang bermanfaat..

**** [Des 23, 2008] by Frans
Terima kasih.

***** [Feb 29, 2008] by Joko Gumilang
Makasih.

***** [Feb 27, 2008] by Yamin Setiawan
Untuk Diana:
Setiap orang memiliki kepribadian dasar. Kepribadian seseorang telah terbentuk sejak nafas pertama ditiupkan di dalam kandungan. Kepribadian seseorang memang dapat berkembang tetapi tidak akan keluar dari sifat-sifat inti atau dasarnya. Kepribadian adalah inti pikiran dan perasaan didalam diri seseorang yang memberitahu bagaimana ia membawa diri. Kepribadian merupakan daftar respon berdasarkan nilai-nilai dan kepercayaan yang dipegang kuat. Kepribadian akan mengarahkan reaksi emosional seseorang disamping rasional terhadap setiap pengalaman hidup. Dengan kata lain, kepribadian adalah proses aktif didalam setiap hati dan pikiran seseorang yang menentukan bagaimana ia merasa, berpikir dan berperilaku (Hartman, 2004) - Coba baca: Cinta dan Tipe Kepribadian

Kepribadian memang bersifat unik, sehingga tidak ada satu orangpun yang sama persis dengan orang yang lain, meski terlahir kembar satu telur. Memang ada jutaan variasi kepribadian, namun menurut para ahli, kepribadian setiap orang dapat digolongkan menurut motif dasar. Tiap kepribadian tidak ada yang baik maupun yang jelek, tiap kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tiap orang tidak pernah memiliki tipe kepribadian yang benar-benar murni hanya satu tipe kepribadian saja, tapi biasanya campuran dari beberapa tipe kepribadian, tapi mereka memiliki tipe yang mencolok, kepribadian yang kuat pada tipe kepribadian tertentu.

Karena tidak ada tipe kepribadian yang bagus atau jelek, lalu untuk apa merubah tipe kepribadian? Memang sih sifat yang didapat dari keturunan / gen (nature) tidak dapat dirubah tapi tipe kepribadian didapat dari lingkungan / didikan (nurture) dapat berubah. Orang-orang yang mengalami hal-hal yang luar biasa, misalnya stres dan depresi dapat mengubah kepribadian mereka. Kalau merasa diri jelek, tiap manusia dapat membiasakan diri dengan menghilangkan hal-hal yang jelek tersebut, tapi itu tidak gampang, perlu kebiasaan yang dipupuk keras.

Untuk Dia:
Alat-alat ukur yang sudah dipatenkan (yang sudah pasti validitas dan reliabilitasnya sudah teruji), biasanya tidak akan dibuka secara umum, karena ditakutkan si tester bisa melatih tes tersebut sehingga hasil tes-nya tidak akan valid. Suatu alat ukur, baik dibuat sendiri, mengambil dari buku maupun mengambil sebagian dari tes aslinya dapat diukur validitas dan reliabilitasnya dengan menghitung secara manual maupun lewat komputer. Jumlah aitem tidak mempengaruhi kevaliditasan maupun reliabilitas suatu alat tes, banyak alat tes baku yang memiliki jumlah tes sedikit. Kalau punya waktu dan ingin mencoba menghitung validitas dan reliabilitas suatu alat tes, silahkan mencoba untuk menghitung per-aitemnya dengan tidak lupa menyebarkan terlebih dahulu alat tes tersebut pada populasi, semakin banyak populasi semakin bagus untuk menghitung validitas dan reliabilitas suatu alat tes.. :)

Untuk Izna:
Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, test-test yang saya masukkan kesini adalah test-test yang saya ambil dari buku atau dari kiriman teman, yang validitas dan reliabilitasnya tidak saya ketahui. Banyak alat-alat test yang validitas dan reliabilitasnya sudah teruji dan sudah dipakai secara umum pada biro-biro psikotest, misalnya tintum, EPPS, Phi, PTP, Kuder, kode & ingatan, MMPI, MSDT, dan banyak lagi yang lainnya, tapi terus terang saya tidak berani memasukkannya disini karena takutnya bila seorang calon tester mempelajari dan mencobanya berulang-ulang kali untuk mempelajari polanya maka hasil yang dia lakukan tidak akan valid lagi nantinya. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas suatu alat test, baik alat test umum maupun alat test yang kita buat sendiri tentunya adalah dengan menghitung validitas dan reliabilitasnya, tapi terus terang sangat sulit untuk menjelaskan rumus dan cara perhitungannya disini. Saya mencoba menjelaskannya tentang validitas dan reliabilitas ini secara umum, tanpa menyinggung rumus-rumus ataupun rangkaian perhitungan di: psikometri. Semoga dapat sedikit membantu setelah membacanya.. :)

***** [Feb 27, 2008] by Izna
Bagus juga tesnya, tapi saya masih ragu bagaimana proses analisanya, apakah valid dan reliabel?

***** [Feb 20, 2008] by Yuliana
I like 20 questions, it's not too taxing to do the test, and it doesn't scare me with too many questions. It's pretty accurate too.

***** [Des 27, 2007] by Angelica
SiiiiiiP.

**** [Nov 27, 2007] by Bagus
Bagus Kok Mas... lumayan buat nguji diri... Maju terussssssss !!!

** [Nov 27, 2007] by Dia
20 aitem, cukupkah? Validitas & reliabilitas berdasarkan nilai per aitem?

***** [Nov 23, 2007] by Diana
Bagaimana cara mengubah semua itu?

 
Copyright � 2006 Yamin Setiawan